Tips untuk yang pertama kali melamar/interview


Tips Interview, test, dll
Dear rekan2 semua yang sudah lulus, saya ucapkan selamat
Memang saya menyadari bahwa saya tidak ada basic di HRD tapi saya mencoba untuk membagi beberapa pengalaman saya, mungkin kalau ada yang mau menambahkan silahkan.

1. kenali perusahaan
Coba cari tahu perusahaan tempat anda melamar (bisa melalui internet, dll)
Kenali bidang yang akan anda lamar.

2. Persiapkan materi yang akan diuji
Ada beberapa perusahaan biasannya akan menguji, contoh PWC akan mengadakan test akun dan inggris, jangan sampai kita karena kita lupa pelajaran yang sudah kita dapat di kuliah/sekolah

3. Matikan / silent tanpa vibrate saat interview/test
Saya prefer silent tanpa vibrate karena kalau dimatikan biasa sms atau tlp yang masuk akan terpending dalam waktu yang cukup lama, takutnya ada hal yang penting jadi begitu kita selesai atau ada waktu istirahat kita bisa langsung mengetahui dan membaca sms. Kenapa hal ini dilakukan? Karena ketika kita interview atau test dan hp kita bergetar secara tidak sadar/refleks maka konsentrasi kita akan terganggu.

4. Hindari minum susu atau makanan yang mengandung susu
Biasa y susu akan membuat produksi air liur kita berlebih sehingga laval yang kita ucapkan sering tidak terdengar dengan jelas.

5. Tidur yang cukup

6. Persiapkan uniform dan kerapian
Kadang kala ketika waktu sudah mendesak kita tidak perhatikan uniform kita, jadi kita asal ngambil atau mungkin belum di setrika padahal waktu sudah mepet, sehingga ketika kita terburu2 maka konsentrasi tidak akan maksmal. seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan
oh iya, jangan lupa gunting kuku dan kerapihan lainnya.

7. Datang 15-20 menit lebih pagi dan jangan lebih pagi
Kita harus mengetahui lokasi pasti gedung sebelum hari “h”, kita dapat mengetahui dengan bertanya pada teman, dll kadang kala saya sering mendatangi gedung tempat saya di panggil pada malam hari sebelum hari “h”
Sekedar kutipan dari dosen saya yang mengatakan bahwa jika ada yang datang 1-2 jam lebih pagi barti orang itu tidak punya kerjaan dan planningnya tidak jelas (padahal datang lebih pagi bukan terlambat) jadi kalau sudah sampai di tempat 30 menit -1 jam sebelum waktu ya lebih baik jalan2 dulu di luar gedung, jangan nunggu dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja jika datang lebih pagi saja bermasalah maka datang telat akan JAUH LEBIH BERMASALAH.

8. Persiapkan dan tanya apa yang harus dipersiapkan
Jangan lupa tanyakan data2 apa saja yang perlu di bawa.
Beberapa perusahaan (biasanya yang menerima lamaran via email) kadang meminta kembali (hardcopy) CV, SURAT LAMARAN, Fotocopy Ijazah, Ktp, dll sehingga ada baiknya anda mempersiapkan cadangan.

9. BERDOA
Serahkan semua kepada yang mempunyai dunia ini. Kita sadar bahwa dalam hidup kita semua atas kehendakNya dan Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Demikian yang dapat saya share dan saya menyadari bahwa ini jauh dari sempurna setidaknya harapan saya ketika menulis ini adalah utuk membantu.
Sangat diharapkan tambahan informasi agar teman2, saudara2 dan kerabat kita bisa mendapatkan yang terbaik.

Leave a Reply

